Monday, October 8, 2018

Hobi atau Tabiat mengigit kuku dijari ? Ketahui Bahaya nya dan Cara-cara untuk menghentikan Kebiasaan tabiat in

Hobi atau Tabiat mengigit kuku dijari ?
Ketahui Bahaya nya dan Cara-cara untuk  menghentikan Kebiasaan tabiat ini








Kebiasaan atau tabiat menggigit kuku ternyata tidak hanya buruk untuk dilihat, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan. Para ahli medis menyarankan untuk mencoba cara lain yang lebih baik saat mencuba mengusir rasa stress atau ketidakselesaan diri.



Salah satu kebiasaan yang tanpa disedari sering dilakukan orang kebanyakan adalah dengan mengigit kuku. Kebiasaan orang yg serinng mengigit kuku atau dalam bahasa medis dikenal dengan "Onychophagia" biasanya banyak dilakukan saat seseorang itu merasa tegang, panik atau bahkan saat moodnya tidak baik seperti halnya merasa bosan dan ketakutan.

Hobi menggigit ini merupakan salah satu kebiasaan yang paling banyak dilakukan oleh kanak-kanak. Menurut penyelidikan bahkan hampir sekitar 60 persen kebiasaan ini dijumpai pada kanak-kanak, sementara pada remaja perkiraan  hanya sekitar 45 persen saja.

 Kebiasaan menggigit kuku tanpa umumnya mula muncul pada masa kanak-kanak, yang selanjutnya terbawa menjadi tabiat hingga usia dewasa.

Tanpa disedari mengigit kuku ini  sering dilakukan saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti halnya menonton televisi, saat berbual bual ,membaca buku atau saat menelepon.

Tahukah anda ?
Ternyata kanak kanak lelaki diusia 10 tahun keatas akan lebih cenderung mengigit kukunya dari pada kanak -kanak perempuan. Itulah dia beberapa fakta menarik mengenai kebiasaan menggigit kuku dan kebiasaan tabiat  buruk ini  sulit dihilangkan.

 Para ahli medis juga menyebutkan, jika terus menerus dilakukan, kebiasaan ini juga digolongkan dalam gangguan obsesif-kompulsif atau dikenali dengan istilah Obsessive-Compulsive Disorder (OCD).



Hal ini merupakan gangguan yang mampu mengakibatkan kegelisahan dan kepanikan stress  sehingga muncul perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang untuk mengurangi kecemasan.

Ahli kesehatan dari Mayo Clinic, Rochelle Torgerson, menjelaskan bahwa bakteria  akan mudah masuk  ke dalam mulut apabila memiliki  kebiasaan menggigit jari.

"Sebagai permulaan, menggigit kuku akan meningkatkan kemungkinan Anda sakit flu atau penyakit lainnya karena Anda memasukkan tangan yang belum dicuci ke mulut," kata Torgerson, ahlispesialis kulit di Mayo Clinic.

Menurut Beliau lagi kebiasaan seperti ini juga akan membuat Anda sangat mudah terkena infeksi kulit di sekitar kuku, atau paronychia.




 5 BAHAYA ! yg perlu  Anda ketahui ketika  menggigit kuku Berikut penjelasannya:

1. Gangguan pencernaan

Kuku menjadi salah satu spot bakteri tumbuh dengan baik. Ketika Anda malas untuk mencuci tangan dan mulut Anda menyentuh jari kotor itu, maka paparan bakteri atau kuman menjadi lebih mudah. Kalau sudah begitu, tubuh Anda akan mudah terkontaminasi bakteri yang berasal dari kuku Anda sendiri.

2. Infeksi Kuku

Iritasi secara terus-menerus yang terjadi pada kuku Anda, bisa saja membuat kuku infeksi. Kalau sudah begitu, rasa tidak nyaman di kuku pun akan Anda rasakan. Dan kalau sudah ada infeksi, maka tangan Anda menjadi sulit untuk dipakai pada kegiatan sehari-hari. Kondisi ini juga memudahkan penyebaran kuman bakteria di tubuh Anda.

3. Luka di Tangan Picu Persebaran HPV

Ketika Anda terbiasa dengan menggigit kuku, maka infeksi kecil di kuku pun  menjadi masalah besar ketika ada paparan faktor penyebab lainnya infeksi, bakteria mudah sekali masuk ke tubuh melalui mulut. Dan perlu Anda ketahui, luka di kuku itu biasanya mengandung human papillomavirus atau HPV. Bahaya!



4. Masalah Gigi



Ya, tidak hanya masalah kuku,  malah masalah dari gigitin kuku juga terjadi di gigi anda. Salah satu masalah yang bakal terjadi berupa kerosakan gigi atau ketidak sempurnaan bentuk gigi karena sering  mengigit  benda yang terbilang cukup keras (kuku-Red) setiap harinya.

5. Menurunkan Kualiti Gaya Hidup Sihat

Ini dilihat dari kacamata general. Jadi, ketika Anda memiliki kebiasaan buruk itu, maka secara tidak langsung Anda menyakiti diri Anda sendiri. Walau terlihat sederhana, tetapi dampak dari gigitan kuku  cukup besar dan berpengaruh terhadap kesihatan tubuh badan .

Walau bagaimanapun Anda masih boleh mencuba menghindar dari Tabiat Mengigit Kuku dengan cara cara yang berikut :





10 CARA  untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku:
1. Keinginan berhenti
Kebiasaan menggigit kuku adalah masalah mental, sama halnya dengan kebiasaan merokok atau menurunkan berat badan. Maka untuk mematahkannya, terlebih dahulu Anda harus berniat untuk berhenti.

2. Identifikasi masalah
Bila kebiasaan menggigit kuku terjadi pada anak, pertama identifikasi penyebab kebiasaan tersebut. Seringkali stres adalah penyebab utama menggigit kuku pada anak. Maka dengan membantu mengatasi stres, Anda juga akan dapat menghentikan kebiasaannya menggigit kuku.

3. Perhatikan diri ketika sedang menggigit kuku
Dengan duduk di depan kaca dan memperhatikan diri Anda sendiri, akan terlihat betapa tidak menariknya Anda ketika sedang menggigit kuku. Ini akan membantu mengurangi kebiasaan Anda.

4. Membuat tangan tetap sibuk
Ketika Anda merasakan godaan untuk menggigit kuku, cobalah untuk membuat tangan dan jari tetap sibuk, misalnya dengan menulis atau melakukan sesuatu yang membuat jari tetap bergerak.

5. Kunyah gula gula chewable
Dengan membuat mulut dan gigi sibuk pun dapat mencegah menggigit kuku. Mengunyahgula gula yg bebas gula dapat membuat gigi Anda tetap sibuk dan lupa untuk menggigit kuku.

6. Rawatlah kuku dengan baik
Menjaga dan merawat kuku adalah trik psikologi terbaik untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku, terlebih lagi jika Anda merawatnya di salon dengan perawatan khusus, yaitu manicure. Melihat kuku yang rapi, bersih, segar dan indah akan membuat Anda sayang untuk merusak keindahan tersebut, sehingga lambat laun dapat menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

7. Potong pendek kuku
Kuku yang pendek jelas akan mencegah Anda untuk menggigit kuku, karena tidak ada kuku yang bisa Anda gigit.

8. Menggunakan cat atau lotion anti menggigit kuku
Beberapa apotek menjual cat atau lotion anti menggigit kuku. Ini adalah semacam cat kuku yang akan membantu Anda menahan diri menggigit kuku. Bila tanpa sadar menggigit kuku yang dioleskan dengan cat kuku ini, maka Anda akan merasakan pahit yang mengerikan. Ini akan mencegah 'kereta' otak Anda untuk berhenti menggigit dan mematahkan kebiasaan menggigit kuku.

9. Memakai  getah  gelang di tangan
Dengancara memakai gelang  getah di pergelangan tangan, maka setiap kali Anda ingin menggigit kuku, tariklah  gelang getah  dan lepaskan hingga terkena kulit dan terasa sakit. Hal ini akan membantu menghilangkan kebiasaan untuk menggigit kuku.

10. Dan Cara terakhir
Dengan Memberi hadiah
Menghadiahi diri sendiri dan orang lain ketika tidak menggigit kuku dapat juga menjadi cara menghentikan kebiasaan buruk itu. Misalnya, menghadiahkan diri dan orang lain dengan sesuatu yang kecil seperti gula gula  ketika sanggup tidak menggigit kuku selama 1 jam. Coba terus tingkatkan kemampuan untuk tidak menggigit kuku, hingga akhirnya anda benar-benar berhenti melakukan kebiasaan buruk itu.

Selamat Membaca semoga bermanfaat  🌹


2 comments:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete
  2. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Choosing the right - warm weather

Choosing the right fabrics is key. Stay cool and comfortable with our guide to the most breathable summer fabrics. Clingy clothing...